Search
Selasa 1 Desember 2020
  • :
  • :

7 Tips untuk Menghilangkan Rasa Takut dalam Berjualan dan Berbisnis

7 Tips untuk Menghilangkan Rasa Takut dalam Berjualan dan Berbisnis

Kita semua pasti setuju bahwa ketakukan atas penolakan dan cemoohan sering menghantui para salesman maupun pebisnis networking yang baru memulai usahanya? Betul begitu? Jika Anda termasuk salah satunya, Anda harus berhati-hati karena kecemasan berlebihan itulah yang justru menjurumuskan Anda ke lembah kegagalan saat penjualan dan berbisnis.

Berikut ini ada tips dari pebisnis besar asal Kanada, Kelsey Ramsden, untuk menghilangkan rasa takut saat berjualan atau mereferensikan bisnis.

  1. Gagal adalah biaya pembelajaran
    ‘There’s no such thing as a free lunch’, tidak ada yang gratis di dunia ini termasuk pembelajaran saat jualan dan berbisnis. Anggap saja kegagalan ini sebagai biaya yang perlu dibayar dalam mengembangkan keahlian Anda.
  2. Bayangkan hal buruk
    Sebagai penjual yang baik Anda harus membayangkan hal terburuk yang menimpa Anda. Dengan ini justru memberikan jalan dan gagasan untuk tidak terperosok ke dalamnya dan semakin percaya diri saat berjualan ataupun berbisnis.
  3. Pikirkan proses bukan hasilnya
    Mendapat pelanggan atau closing tentu menjadi tujuan utama para sales maupun pebisnis network, namun jangan salah… janganlah terlalu memikirkan hasil!. Karena hal itu justru membuat lemah kemampuan Anda. Fokuslah pada proses dan berbagai langkah yang belum dan sudah dijalani. Dengan pola pikir itu maka akan mampu berdampak positif pada hasilnya.
  4. Pikirkan tentang kesuksesan
    Penyebab kegagalan dalam penjualan belum tentu dari diri Anda, banyak faktor lain yang mempengaruhinya. Oleh karena itu jangan terlalu banyak memikirkan tentang kegagalan, pikirkanlah kesuksesan yang akan Anda raih nantinya.
  5. Siap atasi risiko
    Inilah alasan kenapa pada poin 2 Anda perlu membayangkan hal buruk. Dengan mengidentifikasi masalah yang akan terjadi, Anda telah mempersiapkan diri untuk menghadapi serangkai risiko saaat jualan dan berbisnis.
  6. Introspeksi diri
    Bercermin untuk mengetahui sejauh mana Anda telah berusaha untuk menjadi penjual dan pebisnis sukses sesekali penting untuk dilakukan. Hal ini diperlukan agar Anda mengetahui kemampuan dan makin percaya diri saat melakukannya.
  7. Jangan terlalu dengarkan perkataan orang lain
    Salesman dan pebisnis sukses tidak banyak waktu untuk mendengar ocehan negatif dari orang lain. Sesekali mereka bisa menerima kritik untuk perbaikan, dan terus melaju tanpa terlalu memikirkan hingga kritik tersebut menjadi beban.

Itulah 7 tips untuk menghilangkan rasa takut saat berjualan dan berbisnis dan melakukan presentasi bisnis. Rasa takut yang membentuk diri Anda menjadi mental block.

Semoga Bermanfaat !




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *