Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :




Peran Media Sosial dalam Dunia Bisnis

Peran Media Sosial dalam Dunia Bisnis

Kini, peran media sosial tak bisa diabaikan dalam dunia bisnis. Melalui media sosial sebuah bisnis bisa mendapatkan peluang untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan mengekspansi bisnisnya. Situs media sosial sendiri bagi pelanggan dan pelaku bisnis adalah tempat untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah, berhubungan dengan sumber daya, membangun dan mengelola hubungan dengan pihak lain, mencari talent, klien/mitra, pegawai dan calon pelanggan.

Jika suatu bisnis tak mempertimbangkan media sosial, maka ia akan kehilangan peluang untuk lebih berkembang dan lebih banyak dilihat oleh para calon pelanggan atau mitranya. Lalu, bagaimana kita seharusnya menjalankan media sosial dan berinteraksi melalui akun media sosial kita? Nah, masukkanlah tiga (3) elemen kunci ini ke dalam strategi media sosial kita, diantaranya :

  1. OTENSITAS
    Akun kita ataupun merek bisnis kita harus menunjukan siapa diri kita. Otentisitas, adalah elemen pertama. Tak seperti interaksi secara pribadi, media sosial memberikan sedikit peluang untuk membangun hubungan emosional dengan audiens kita. Kita setidaknya harus mengekspresikan apa dan siapa diri kita di dunia online.Tampilkan bio atau profil sosial media (akun kita) yang memang layak untuk diketahui (bukan privasi), melibatkan dan selalu berinteraksi dengan orang-orang yang kita kenal. Gunakan foto diri (asli) dan jika memungkinkan video, tapi tentunya tetap dalam batas2 privasi, ini hanya untuk menunjukkan bahwa akun kita real yang dibuat bukan untuk modus atau menipu orang. Karena perlu di pertanyakan ketika sebuah hubungan atau suatu bisnis/produk ditawarkan oleh seseorang yang bersembunyi meskipun di dunia maya? What is wrong? Karena “Benar adanya bahwa mereka yang tidak bersembunyi di dunia nyata, takkan bersembunyi di dunia maya.
  2. FOKUS
    Berdasarkan riset, web terindeks mengandung hampir empat juta halaman dan ada ribuan perangkat media sosial yang bisa digunakan. Akan sangat melelahkan jika kita mencoba terlihat di berbagai media sosial dan mengelola percakapan di kanal-kanal tersebut. Jadi, fokuskan pada media sosial tertentu saja berdasarkan atribut merek, udiens dan yang memang kita sukai.Coba mulai dengan riset kecil tentang komunitas/orang yang mungkin menyukai bisnis/produk kita, cari tahu siapa mereka, di web mana mereka sering kali muncul dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Pelajari ke mana mereka mencari informasi dan menemukan portal fungsional yang menerima postingan pengunjung. Ketahui perangkat media sosial mana yang lebih disukai mereka agar kita bisa mempunyai titik fokus di media sosial mana kita lebih efektif untuk mempresentasikan/mempromosikan bisnis/produk kita.
  3. KONSISTEN
    Apapun media sosial yang kita pilih, pastikan kita konsisten mengelolanya. Ingat… media sosial bekerja jika kita bekerja. Konsistensi adalah cara membangun pengakuan dan ingatan audiens tentang profil akun dan bisnis/produk kita. Perlu di ingat, audiens kitapun akan berfikir sama bahwa “mereka yang tidak bersembunyi di dunia nyata, takkan bersembunyi di dunia maya.Untuk menciptakan konsistensi, buatlah rutinitas dengan tetap menambahkan aktivitas ke time line media sosial dan berinteraksi dengan friendlist kita, karena hubungan dan kepercayaan yang kuat dibangun dengan interaksi yang teratur.

JADILAH PEMENANG DALAM KEMENANGAN BERSAMA




One thought on “Peran Media Sosial dalam Dunia Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *