Search
Kamis 24 Mei 2018
  • :
  • :




Pengertian, Bentuk, Nilai dan Resiko dari Cryptocurrency

Pengertian, Bentuk, Nilai dan Resiko dari Cryptocurrency

Mendengar Cryptocurrency, pasti yang terlintas pertama kali dibenak kita adalah bitcoin. Ya, tidak bisa dipungkiri untuk tahun 2017 ini bitcoin menjadi salah satu Cryptocurrency yang paling populer, dikarenakan harganya yang sudah sangat tinggi.

Tapi tahukah kita bahwa sebenarnya banyak macam-macam/jenis-jenis Cryptocurrency, tidak hanya puluhan, bahkan ratusan coin. Jadi, dari ratusan cryptocurrency yang beredar di market saat ini pandai-pandailah memilih dan menentukan mana yang layak untuk Anda berinvestasi di dalamnya. Dan tanpa maksud menggurui, berikut adalah beberapa hal tentang Cryptocurrency yang dikutip dari Wikipedia.

Apa Pengertian Dari Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah sebuah aset digital yang dirancang sebagai media pertukaran atau transaksi, atau lebih mudahnya bisa kita sebut sebagai mata uang digital. Cryptocurrency ini sendiri saat ini sudah mulai dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang suka mencari uang tambahan lewat internet. Bahkan, di beberapa negara seperti Jepang, Australia, Singapura, Italia, Inggris, dan bahkan Amerika Serikat sudah melegalkan penggunaan salah satu cryptocurrency yang paling terkenal yaitu Bitcoin, tapi dilegalkan disini bukan berarti Bitcoin bisa digunakan menjadi alat pembayaran di negara tersebut menggantikan posisi mata uang yang ada, namun pemerintahannya tidak melarang warganya yang mencari dan menggunakan Bitcoin untuk bertransaksi di Internet. Cryptocurrency ini sendiri memiliki banyak jenis seperti Bitcoin, Dogecoin, Litecoin dan masih banyak yang lainnya yang totalnya mencapai ratusan.

Cryptocurrencies adalah bagian dari mata uang alternatif, atau secara khusus dari mata uang digital. Dan Bitcoin menjadi cryptocurrency desentralisasi pertama pada tahun 2009. Sejak itu, banyak cryptocurrencies telah diciptakan. Ini sering disebut altcoins, sebagai campuran alternatif bitcoin. Untuk tahun 2017 ini, sudah ada sekitar 710 Cryptocurrency yang diperdagangkan di market (pasar onlaine). Untuk daftar lengkapnya, anda dapat mengunjungi situs berikut https://coinmarketcap.com.

Bentuk Dari Cryptocurrency

Berbeda dengan uang kertas atau logam yang dicetak, cryptocurrency diproduksi melalui penyelesaian rumus-rumus matematika. Setiap solusi dari rumus-rumus tersebutlah yang kemudian akan dicocokan dengan hash dari suatu data terenkripsi pada teknologi jaringan peer-to-peer. Apabila bentuk hash dari suatu solusi identik dengan hash yang ada di jaringan cryptocurrency, maka solusi itu dinyatakan sebagai bagian kecil dari cryptocurrency.

Di dalam ilmu kriptografi, hash merupakan satu kesatuan huruf dan angka acak yang bentuknya selalu unik, dengan panjang karakter ditentukan oleh algoritma pembentuk hash tersebut. Jika dikaitkan dengan penjelasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap solusi yang memiliki hash identik di jaringannya adalah pecahan mata uang digital yang unik dan tidak ada satupun pihak lain yang memilikinya. Pecahan itu kemudian akan menjadi milik pihak yang menemukan solusi tersebut.

Nilai Dari Cryptocurrency

Cryptocurrency sendiri memiliki sifat desentralisasi. Sifat ini memungkinkan siapapun untuk memproduksi uangnya sendiri. Jelas sangat bertolak belakang dengan sifat sentralisasi dari uang yang selama ini kita pegang dan belanjakan, dimana hanya satu lembaga keuangan tertentu saja yang diperbolehkan melakukan kegiatan memproduksi uang. Dengan sifatnya yang sama sekali tidak terpusat, nilai dari cryptocurrency dipastikan tidak dapat dipengaruhi oleh inflasi. Setelah 7 tahun cryptocurrency dikenal masyarakat luas, belum ada bank sentral dunia yang mampu mengubah nilai jual beli dari cryptocurrency.

Namun dengan segala kemudahan itu, kitapun harus berhati-hati terhadap penggunaan cryptocurrency atau mata uang digital ini, karena ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Yaitu Tidak semua cryptocurrency dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran barang dan jasa, selama developernya tidak atau belum bekerjasama dengan merchant-merchant penyedia produk barang dan jasa, sehingga fluktuasinya cryptocurrency ini sangat tidak bisa diprediksi, karena tidak ada satu negarapun yang mengendalikan mata uang digital ini. Nilainya benar-benar murni dipengaruhi oleh peminat, permintaan dan penawaran selayaknya nilai jual beli logam mulia. Nilai dari Cryptocurrency akan terjaga stabil bahkan terus meningkat ketika sudah diterima masyarakat global sebagai alat pembayaran, seperti halnya bitcoin yang sudah diterima sebagai alat pembayaran. Apabila cryptocurrency sudah bisa terus digunakan sebagai alat pembayaran barang dan jasa yang riil, maka demand untuk mata uang digital ini akan terus terjaga. Artinya Cryptocurrency tersebut akan terus diserap market dan harganya akan cenderung naik terus.

Hukum Dalam Penggunaan Cryptocurrency

Dari sisi keamanannya, setiap transaksi yang terjadi melalui jaringan cryptocurrency sangat transparan, tapi juga sangat sulit untuk dilacak. Selama pengguna menjaga betul privasi dari transaksi yang dilakukannya maka identitasnya hanya akan diketahui oleh dirinya sendiri. Banyak orang dan lembaga berpendapat bahwa cryptocurrency dapat menjadi media untuk melakukan pencucian uang. Hal ini disebabkan karena identitas penggunanya, seperti nama dan lainnya, hanya dapat muncul ke publik setelah ia melakukan transaksi pembelian barang atau jasa di suatu merchant berbadan hukum. Mengapa? Karena pada saat proses sebelum pembelian itulah biasanya pengguna harus memasukkan identitas terkait dirinya.

⇒ The Best Recomended Cryptocurrency ⇐

Jadi, dari pemaparan artikel di atas, mari kita pandai-pandai memilih dan tetap bijak dalam berbisnis dan berinvestasi, karena kode kuncinya adalah “Apapun pilihan Kita di dunia ini semuanya tetap mengandung resikio, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha memprediksi yang terbaik, memilih yang terbaik dan berharaf yang terbaik”.

Semoga bermanfaat !




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *