Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :




Tekhnologi Internet dan Bisnis Online

Tekhnologi Internet dan Bisnis Online

Sejalan dengan perkembangan tekhnologi, maka hampir semua sektor bisnispun tidak dapat terlepas dari yang namanya tekhnologi internet, semua layanan dan kemudahan dalam berbisnis difasilitasi dalam sebuah tekhnologi internet (online) yaitu website, baik pemaparan/penjelasan tentang bisnisnya, tentang systemnya, tentang produknya, cara registrasi/pendaftaran dan berbagai hal lainnya di update dalam tekhnologi internet secara online melalui tekhnologi website tersebut. Begitupun dengan industri bisnis network marketing dalam pengembangannya tidak akan bisa terlepas dari tekhnologi internet atau secara online (Bisnis Online).

Bahkan di beberapa negara maju jika kita menawarkan suatu bisnis dengan cara door to door (offline), maka kita akan dianggap seolah sedang berbisnis pada jaman purbakala. Karena offline atau pertemuan secara langsung hanya dilakukan pada moment atau acara-acara tertentu saja yang memang kondisinya tidak bisa dilakukan secara online, misal demo produk (pada MLM Produk), seminar atau meeting planner (saat ini bahkan sudah ada webinar), kunjungan ke perusahaan (memastikan keberadaan company secara fisik) atau memang acara yang dijadwalkan khusus dalam rangka silaturahmi dan pengenalan lebih dekat untuk menciptakan kepercayaan/keyakinan dan chemistry yang lebih kuat antar semua pihak yang terlibat dalam bisnisnya.


Dengan tekhnologi internet saat ini, kita punya kesempatan untuk mempresentasikan atau memperkenalkan bisnis tanpa harus melakukannya secara door to door atau mengetuk pintu dari rumah ke rumah, atau kita masuk pada suatu kerumunan (misal di pasar atau acara hajatan) lalu mempresentasikan bisnis kita, atau saat dimanapun dan dalam situasi apapun kita dekati orang-orang (kenal maupun tidak kenal) dan paksa mereka mendengarkan presentasi bisnis kita, tak peduli mereka suka atau tidak suka. Owh… tentunya ini sangat konyol dan sangat tidak elegan bukan? dan jangan katakan hal ini tidak ada… karena “dulu” sayapun pernah (duplikasi) melakukannya, dan sampe saat ini saya masih melihat beberapa teman saya melakukannya.

Mungkin cara atau strategi di atas berhasil untuk beberapa orang, tapi pertanyaan simpelnya adalah seandainya posisi kita adalah yang menjadi prospek (baca: korban), misal saat kita sedang duduk santai di rumah bersama keluarga tiba-tiba ada orang mengetuk pintu (padahal sudah lama tidak berkomunikasi apalagi bertegur sapa) dan tiba-tiba dengan antusiasnya mempresentasikan sesuatu bahkan mungkin memotivasi kita dengan kata-kata mutiara 🙂 atau saat sebetulnya kita sedang sibuk dengan suatu urusan, sedang terburu-buru, sedang tidak enak hati atau hal lain yang membuat kita tidak nyaman untuk mendengarkan presentasi apapun. Jujur saja… kawan-kawan pasti ada yang pernah merasakan/mengalami juga diposisi itu?, sungguh tidak nyaman bukan? kalo begitu jangan lakukan hal tersebut pada orang lain! 🙁

Ya… jika ada solusinya tentu kita tidak perlu lagi melakukan hal yang membuat orang lain tidak nyaman bahkan sejujurnya membuat diri kita sendiri juga tidak nyaman, ketika kita menyadari ada beberapa teman, tetangga dan saudara kita merasa risih dengan penawaran bisnis kita bahkan menghindar saat tahu kita sedang berbisnis network atau bisnis ajak-ajak orang. Ini fakta nyata… dan mau tidak mau memang harus kita akui 🙂

Lalu bagaimana solusinya brader? ya… tentunya tekhnologi internet dan websitelah solusinya, karena dengan internet dan website semua bisa dilakukan secara online tanpa batas ruang dan waktu, market online jauh lebih luas kawan… bisa menjangkau siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengganggu waktu dan kenyamanan orang-orang dekat dan orang-orang disekitar kita. Meskipun tentunya untuk mengembangkan atau memasarkan bisnis secara online, kita akan membutuhkan sebuah website yang informatif dan responsif yang biasa disebut sebagai Web Support, yaitu fasilitas website yang akan full support membantu mempresentasikan/mempromosikan bisnis kita secara online.

Yang jadi masalahnya selanjutnya adalah tidak semua bisnis memberikan fasilitas web support dan tidak semua orang bisa membuat website support, meskipun ada banyak jasa layanan pembuatan website tentunya itupun membutuhkan biaya pembuatan yang relatif tidak murah dan juga dibutuhkan kemampuan khusus untuk mengelola website support tersebut. Tapi itupun jangan khawatir… karena biasanya bisnis atau perusahaan yang memang paham dengan kekuatan tekhnologi internet apalagi berbasic tekhnologi internet akan menyiapkan semuanya, termasuk fasilitas website support yang informatif dan canggih untuk para membernya, atau kita juga bisa bergabung dengan team yang memang memberikan fasiltas website support untuk teamnya. Selanjutnya adalah tinggal bagaimana Anda memanfaatkan dan menduplikasikan semua fasilitas yang telah disediakan melalui website support tersebut.


Pertanyaan Anda mungkin saat ini adalah “apa sih keuntungan dan manfaatnya dengan Anda memiliki website support!?” karena faktanya memang untuk saat ini disebagian besar rekan-rekan kita masih belum begitu membudaya tentang bagaimana pengembangan bisnis networking secara online melalui web support? Untuk hal itulah pada artikel selanjutnya ‘dengan tanpa maksud menggurui’, saya akan menjelaskan apa itu web support dan beberapa strategi serta keuntungannya jika kita mengembangkan/memasarkan bisnis via web support secara online. Jika berkenan silahkan kunjungi saja artikelnya di Apa itu Web Support dan Apa Fungsinya?




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *